Dinkes Klaten Gelar Aksi Minum Tablet Tambah Darah Untuk Remaja

murakabinews.com – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-54 Pemkab Klaten melalui Dinas Kesehatan Kab. Klaten menyelenggarakan beberapa kegiatan diantaranya pencanangan minum tablet tambah darah untuk remaja, senam sehat dan jalan sehat di Halaman Pemkab Klaten, yang diikuti kurang lebih 5000 peserta. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Klaten beserta jajarannya, perwakilan Unicef, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), serta Dinas Kesehatan Jawa Tengah. Minggu (11/11)

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Klaten, Cahyono Widodo menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan kali ini mengambil tema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”. Momentum Hari Kesehatan Nasional ke-54 ini sebagai pengingat bahwa derajat kesehatan masyarakat akan terwujud apabila semua komponen bangsa ikut berperan serta dalam upaya kesehatan dengan lebih memprioritaskan promotif preventif dan semakin menggalakan gerakan masyarakat hidup sehat. Disamping itu aksi minum tablet tambah darah untuk remaja dilakukan untuk antisipasi anemia guna menekan angka kematian ibu dan bayi.

Kepala Dinkes Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, mengatakan jumlah angka kematian ibu di Jateng terus megalami penurunan, menurutnya faktor penurunan itu dipicu adanya kesadaran dengan pemeriksaan kehamilan secara rutin dan pemilihan tempat persalinan yang berkualitas.

Menurut Direktur Bina Gizi Masyarakat Kemenkes, Dodi Iswardy aksi itu selain mencegah anemia dan menekan angka kematian ibu, juga menjadi rangkaian kegiatan untuk mencegah terjadinya stunting atau kekerdilan.

Dalam sambutannya Bupati Klaten sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Direktur Bina Gizi Masyarakat Kemenkes, bapak Dodi Iswardy, karena Kabupaten Klaten menjadi Kabupaten percontohan nasional dalam aksi minum tablet tambah darah. Harapannya kedepan anak-anak remaja putri kedepannya bila sudah berumah tangga nantinya melahirkan generasi penerus yang sehat, berkualitas serta cerdas.

bagikan melalui:

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *